Friday, July 11, 2008

#111: Buah Hatiku

"N-A (Na) S-I (Si) Na-si, U D-U (Du) U-du. Dikasih K (Uduk). Bacanya: Nasi Uduk".

Begitulah perkembangan putriku, S-Ayu NakMas Pambayun. Umurnya masih 3 tahun 4 bulan. Tidak masuk Play Group karena tahun kemarin usianya dianggap belum cukup. Tapi berkat keuletan, ketekunan mamanya, kini dia sudah bisa mulai mengeja setiap tulisan apa saja yang dia lihat dan tak perlu harus masuk Play Group. Kesibukannya setiap pagi hanya belajar mengaji saja, dan dia sekarang sudah Iqro' 2.

Jika aku ajak dia ke warung, mall, rumah sakit, atau baca koran, setiap dia menemukan tulisan maka akan dia eja. "Nasi Goreng", "Mie Ayam", "Ayam Goreng", "Pecel Lele", "Ayam Bakar", "Rumah Sakit", "Mie Rebus", "Burung Dara", "Soto Kudus", "Nasi Soto", "Sate Ayam", "Sate Kambing", "Indo Pos", "Olah Raga" dan yang lain. Semua dia eja satu persatu.

Saat ini, di samping baca, Pambayun juga terobsesi dengan ketinggian. Makan dan minumnya banyak. Kalau ditanya kenapa jawabnya, "Biar cepat tinggi", sambil kemudian dia lari menuju meteran ukuran ketinggian yang ditempel oleh mamanya di dinding dekat rak bukunya.

"Lihat, Pa. Ayun sudah tinggi nih..!"

"Coba lihat, Pa. Berapa tingginya Ayun sekarang??"

Selalu itu-itu saja yang dia tanyakan setiap habis makan. Benda-benda apa saja dia bandingkan dengan tingginya. Meja, kursi, rak buku, kunci pintu, rak TV, bangku, peta, gambar-gambar mainannya dan sebagainya. Semua dia ukur dengan tinggi tubuhnya. Dia merasa bangga jika benda-benda itu masih lebih rendah dari dirinya.

"Tuh, kan Pa.... tinggian Ayun, kan??", sambil bibirnya manyun.

Ah, Pambayun...
Terkadang papamu ini suka lupa memperlakukanmu seperti anak yang sudah dewasa. Mengajakmu bicara soal negara, sosial dan politik, novel ataupun tentang hidup. Padahal kamu masih sedang senang-senangnya nonton "Thomas & Friends", "Handy Manny", "Make Way For Noddy", "Go, Go Diego!", "Dora Explorer", "Club House of Mickey", "Little Einstein", "Tom & Jerry", "Tiger & Pooh", "Jojo Circus", "Higgly Town Heroes" atau "Bob The Builder".
Ma'afkan papa, Nak?




Wisma Bakrie, 11 July 2008 -18:10 WIB
(c) aGus John

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Kok sing dieja akeh"an panganan. Bapak Ibune doyan mangan yo? :)

2:30 AM  
Blogger @GJ said...

betul, tante...
soale setiap weekend, papa ngajak hunting makanan di luar (warung)...
ya gitu deh..... :)

5:55 AM  

Post a Comment

<< Home